REKTOR MEMBUKA LANGSUNG KEGIATAN PEMBEKALAN PRAKTIK PROFESI NERS PERTAMA DI UNSA

UNSANEWS, Sumbawa Besar- Pendidikan profesi keperawatan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik untuk mampu melaksanakan fungsi dan peran sebagai ners. Hal ini sesuai dengan keputusan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 pasal 2 ayat 2 bahwa program pendidikan profesional bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Program pendidikan profesi Ners dilaksanakan setelah menyelesaikan program sarjana keperawatan dengan beban studi minimal 36 SKS atau setara magister ( SK. Mendiknas, No. 232/U/2000 pasal 5 ayat 2),dan peserta didik yang dinyatakan lulus dari program studi ini maka akan memperoleh gelar Ners.

Untuk pertama kalinya,Fakultas Kesehatan Universitas Samawa mengadakan Kegiatan Pembekalan Praktik Profesi Ners (27/04/2024) Tahun Ajaran 2023/2024. Kegiatan pembekalan sekaligus pelepasan peserta didik dilakukan secara langsung oleh Prof.Dr.Syaifuddin Iskandar,M.Pd. Kegiatan dihadiri oleh Ir.H. Padusung, ST., MM selaku Ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa, Sahdi Mastar, SP.,M.Si selaku Wakil Rektor 1, dan Dr. Syafruddin, SE.,MM selaku Warek III. Jajaran Fakultas Kesehatan di hadiri oleh Ns.Nila Yuliana, S.Kep., M.Kep selaku Ketua Program Studi S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, KTU, dan seluruh dosen terdiri dari prodi S1 dan profesi Ners, prodi DIII Keperawatan, serta pegawai.

Kegiatan pembukaan pembekalan sekaligus pelepasan peserta didik praktik profesi diawali oleh laporan Dr.Ieke Wulan Ayu,STP.,M.Si selaku Dekan Fakultas Kesehatan,dalam laporannya disampaikan bahwa peserta didik terdiri dari 40 orang yang akan melakukan praktik profesi dari tanggal 29 april 2024 sampai 17 agustus 2024. Lokasi praktik profesi yang digunakan sebagai tempat praktik mahasiswa profesi ners yaitu RSUD Sumbawa berjumlah 14 orang, RS H.L Manambai Abdul Kadir Sumbawa berjumlah 15 orang, RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat berjumlah 11 orang.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Rektor, dalam sambutannya Rektor menekankan bahwa peserta didik wajib menjaga nama baik almamater, disiplin selama pendidikan, bertanggung jawab terhadap pekerjaan di bidang keahlianya, melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan kode etik Perawat. Rektor berpesan bahwa sebagai angkatan pertama peserta didik profesi Ners mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam mengelola pasien secara etis, peka budaya, efektif, dan profesional atas dasar penguasaan keilmuan.

Selanjutnya kegiatan pembekalan diisi dengan materi-materi dari: 1) Dr. Ieke Wulan Ayu,STP., M.Si menyampaikan materi pengarahan tata tertib mahasiswa profesi; 2) Ns. Nila Yuliana, ,S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi pengarahan pelaksanaan terkait profesi dan penjelasan Karya Ilmiah Akhir (KIA) ; 3) Ns. Alfian,S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Medikal Bedah; 4) Ns. Laily Widyastuti, S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Dasar Profesi; 5) Ns. Yasinta Aloysia Daro, S.Kep., M.Kep  menyampaikan mamteri Keperawatan Anak; 6) Ns. Sefti Utami, S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Gerontik.

Dr.Ieke Wulan Ayu,STP.,M.Si, menyampaikan materi Pengarahan Tata Tertib Mahasiswa Profesi, dalam materi dijelaskan bahwa peserta didik wajib mematuhi tata tertib yang sudah di tentukan oleh Fakultas Kesehatan, terkait kehadiran, penggunaan seragam,atribut, alat, pelaksanaan secara umum dan khusus.

Ns. Nila Yuliana, ,S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi pengarahan pelaksanaan terkait profesi dan penjelasan Karya Ilmiah Akhir (KIA), dalam materi dijelaskan bahwa mahasiswa akan menempuh Praktek Profesi Ners selama 1 tahun atau 2 semester dengan total SKS 36. Salah satu mata kuliah yang akan ditempuh mahasiswa Profesi Ners adalah Karya Ilmiah Akhir (KIA). Karya Ilmiah Akhir pada tahap profesi Ners merupakan salah satu mata kuliah inti yang terdapat dalam Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia tahun 2021 (AIPNI, 2021). Mata kuliah ini dimulai dengan praktik di area keperawatan sesuai peminatan mahasiswa. Setelah menyelesaikan praktik, mahasiswa menyusun laporan karya ilmiah akhir.

Ns. Alfian,S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Medikal Bedah dalam materi dijelaskan bahwa praktik profesi keperawatan medikal bedah merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap ketika melakukan asuhan keperawatan professional, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan

Ns. Laily Widyastuti, S.Kep., M.Kep menyampaikan materi Keperawatan Dasar Profesi, dalam materi dijelaskan bahwa Praktik Profesi Keperawatan dasar difokuskan untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar mampu bersikap dan bertindak sebagai perawat profesional. Kemampuan yang dimaksud adalah: kemampuan melakukan analisis gangguan kebutuhan dasar klien dan keluarga, bersikap caring di setiap kesempatan memberikan asuhan keperawatan, membina hubungan interpersonal kepada klien dan keluarganya, memberikan asuhan saat klien dan keluarga mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan dasar.

Ns. Yasinta Aloysia Daro, S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Anak dalam materi dijelaskan bahwa Praktik profesi keperawatan anak merupakan program yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional yang aman dan efektif, memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi pada klien anak dan keluarganya, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan pada anak. Keperawatan Anak terdiri dari 4 SKS dan dilaksanakan selama 4 minggu dengan tempat praktek di Ruang Anak, NICU dan Poli Tumbuh Kembang di RSUD Sumbawa dan Puskesmas Unter Iwes.

Ns. Seftiani Utami, S.Kep., M.Kep  menyampaikan materi Keperawatan Maternitas dalam materi dijelaskan bahwa Praktik Profesi Keperawatan Maternitas dilakukan secara bertahap dimulai dari prenatal, intranatal dan post natal baik yang normal dan berisiko serta masalah-masalah pada sistem reproduksi dan keluarganya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *