EDUTECHNOPRENEURSHIP Profil Lulusan di Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan
Universitas Samawa, sumbawa, 5 Maret 2024. Dikutip dari (Cakmustaji) Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) menggelar workshop pengembangan kurikulum pada tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2024 di Surabaya. Acara ini melibatkan 65 ketua Program Studi S1, S2, dan S3 teknologi pendidikan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain Universitas Samawa Sumbawa Besar, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogjakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universiotas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Ghanesa Singaraja Bali, Universitas Negeri Makasar dan lain-lain.
Salah satu hasil signifikan dari workshop ini adalah rumusan profil lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan yang menonjolkan konsep Edutechnopreneurship. Edutechnopreneurship diartikan sebagai kemampuan lulusan untuk mengembangkan bisnis di bidang teknologi pendidikan, memproduksi produk kreatif yang edukatif, dan berhasil memasarkannya kepada masyarakat pengguna.
Profil lulusan S1 Teknologi Pendidikan juga mencakup peran sebagai praktisi, diharapkan mampu memfasilitasi pembelajaran serta meningkatkan kinerja sebagai desainer, manajer sumber daya pembelajaran, spesialis media, dan evaluator dalam bidang pembelajaran.
Workshop ini diisi oleh para narasumber terkemuka, antara lain Prof. Dr. Rudi Susilana, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Prof. Dedi Kuswandi, M.Pd dari Universitas Negeri Malang, dan Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dari Universitas Negeri Surabaya. Mereka membahas implementasi Permedikbudristek nomor 53 tahun 2023 tentang kurikulum dan penyelenggaraan pembelajaran, pengembangan standar capaian pembelajaran, serta pengembangan standar isi dan mata kuliah inti.
Selain itu, workshop ini juga menghasilkan rumusan profil lulusan untuk Program Studi Magister (S2) dan Doktor (S3) Teknologi Pendidikan. Profil lulusan S2 menekankan peran sebagai pengembang teknologi pendidikan, mendesain pesan pembelajaran, dan mengembangkan sumber daya pembelajaran. Sementara itu, profil lulusan S3 menggambarkan peran sebagai ilmuwan yang mampu mengembangkan prinsip atau teori dalam bidang Teknologi Pendidikan, serta sebagai akademisi yang melaksanakan tri dharma perguruan tinggi pada program S1, S2, dan S3.
Dengan adanya rumusan-rumusan ini, diharapkan lulusan dari Program Studi Teknologi Pendidikan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memajukan dunia pendidikan dan teknologi di Indonesia. HUMAS UNSA.
MAHASISWA TANGGUHÂ LULUSANÂ UNGGUL