FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS SAMAWA BEKERJA SAMA DENGAN SMAN 01 MOYO UTARA, MELAKSAMAKAN KEGIATAN WORKSHOP DENGAN TEMA “OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB GOOGLE SITES”.

UNSANEWS, Sumbawa Besar – Kebijakan pemerintah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dalam dunia pendidikan memberikan ruang kepada sekolah, guru, dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan kondisi lingkungan belajar. Guru sebagai pengelola sekaligus sebagai fasilitator pembelajaran di dalam kelas memiliki peran penting agar dapat memicu ketertarikan peserta didik untuk menguasai materi pelajaran yang disampaikan. Karena itu, tingkat pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, akan sangat berdampak pada kualitas peserta didik.

Menilai pentingnya peran guru dalam proses pembelajaran mahasiswa Program Kampus Mengajar (KM) Angkatan 7 dan Peserta Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Samawa yang ditempatkan di SMA Negeri 1 Moyo Utara menyelenggarakan kegiatan Workshop Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites. Workshop tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 08 Mei 2024 dengan menghadirkan bapak Syarif Fitriyanto, M.Pd. selaku dosen dan peneliti di FKIP Unsa. Ia menilai mahasiswa cukup peka terhadap kondisi dan kebutuhan pembelajaran yang ada di sekolah saat ini, dimana seorang guru tidak hanya ditutut agar mampu menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, namun juga harus terampil dalam mengolah sumber belajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, menyenangkan, dan mencapai tujuan yang ditentukan. Salah satu contohnya yaitu dengan memanfaatkan google sites sebagai salah satu plaf form gratis yang dapat mengefektifkan pembelajaran berbasis website namun jarang digunakan.

Panitia pelaksana menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan para guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar secara terintegrasi sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Iwan Nuddin, S.Pd. selaku kepala sekolah berharap dengan adanya kegiatan workshop bagi guru-guru akan memberikan semangat bagi para guru untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan aktifitas dan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, beliau juga berpesan agar para guru bisa istiqomah atau konsisten dalam menerapkan ilmu yang akan diperoleh.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Bapak Junaidi, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud Sumbawa bersama dengan Pengawas Pembina SMAN 1 Moyo Utara Ibu Diah Megah Megawarni, S.Pd., yang sama-sama memberikan semangat dan motivasi bagi para guru untuk tidak berhenti belajar mengingat pesatnya perkembangan teknologi yang sudah sangat dekat dengan kehidupan di masa sekarang ini. Maka penggunaan teknologi dalam aktifitas pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan untuk mengikuti perkembangan zaman di masa saat ini. KCD Dikbud Sumbawa berharap semoga FKIP Universitas Samawa bisa terus bersinergi dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa guna mempercepat perkembangan pendidikan di tanah Sumbawa.

Setelah mendengarkan arahan dan harapan tersebut Erma Suryani, M.Pd., selaku Dekan FKIP Universitas Samawa yang juga turut membersamai kegiatan workshop berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada para mahasiswa untuk melaksanakan tugas pengabdian sebagai calon guru di masa mendatang. Beliau berharap semoga di masa mendatang FKIP Unversitas Samawa bisa terus maju menebar manfaat khususnya di dunia pendidikan, sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkeadaban.

Humas UNSA.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *